1. Sebagai Sarana Identifikasi
Fungsi utama
dari desain komunikasi visual adalah sebagai sarana identifikasi.
Identitas seseorang dapat mengatakan tentang siapa orang itu, dan
darimana ia berasal. Begitu juga dengan sebuah benda atau produk dapat
memberitahu kita bagaimana kualitas produk tersebut, dan membuat produk
tersebut lebih mudah dikenali baik oleh produsennya atau konsumen.
2. Sebagai Sarana Instruksi dan Informasi
Sebagai sarana
instruksi dan informasi, desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan
hubungan antara suatu hal dengan hal lainnya dalam petunjuk, arah,
skala, dan posisi.
3. Sebagai Sarana Promosi dan Presentasi
Tujuan dari
desain komunikasi visual sebagai sarana promosi dan produksi adalah
untuk menyampaikan pesan, pendapat perhatian (atensi) secara visual
sehingga mudah diingat.
Selain dari
fungsi, ada dua hal lagi yang harus dipahami oleh seorang desain
komunikasi visual yaitu, prinsip dan unsur. Mengapa ini penting? Karena
jelas seorang desainer harus tau unsur apa saja yang membalut desain
komunikasi visual dan prinsip yang harus dipegang oleh seorang desainer.
0 komentar:
Posting Komentar